Sabtu, 28 November 2009

Manfaat yogurt dan cara membuat yogurt

. Sabtu, 28 November 2009

Yogurt adalah makanan atau minuman,entah anda menyebutnya apa. Yogurt ini ditemukan saat seorang pemgembala dari daerah gurun mendapati susu dombanya yang telah mengental didalam kelenjar susu domba disaat susu tinggi. Yogurt karena bakteri lactobacillus bulgaricus. Bakteri ini membuat susu mengental dan berasa asam. Di India,perancis,italia dan lainnya(lupa). Yogurt di olah dengan cara tersendiri, seperti di India,yogurt diolah di loyan kuningan dan kemudian dicampur bersama sayur atau makanan tertentu. Yogurt bermanfaat bagi pencernaan manusia kerana bakteri yang tekandung(lactobacillus bulgaricus), adalah bakteri baik yang membantu pembusukan makan si usus manusia. Sehingga kita akan memiliki pencernaan yang sehat. Sekarang sudah banyak yogurt yang beredar di Indonesia, entah dalam bentuh es krim connello atau yakult ,vitacharm dll.
Dan bagaimana pembuatan yogurt itu?


Cukup mudah, yang perlu disiapkan:
- 1 liter susu murni (hasil perasan sapi dan bisa dibeli dipeternakan sapi perah )
- mikroorganisme pereaksi(lactobacillus bulgaricus)
- Loyan,kalau nggak ngerti bias panci
Lalu..
- Rebus 1 liter susu untuk membunuh bakteri pantogen, usahakan jangan sampai mendidih atau sampai suhu 80 derajat Celsius. Untuk mencegah rusaknya vitamin dan kandungan lainnya pada susu.
- Setelah itu , matikan kompor dan dinginkan beberapa saat.
- Masukan mikroorganisme pereaksi
- Lalu taruh susu yang telah tercampur dengan lactobacillus bulgaricus itu kedalam suatu wadah yang tertutup dan simpan selama 2 hari dalam suhu rendah dan kering.selamat mencoba dan berkreasi.


0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan berkomentar..SCAM ? Stop !

 
This Blog is proudly powered by blogger | Template by miscah