Sabtu, 28 November 2009

Cara mendidik anak agar tidak merokok

. Sabtu, 28 November 2009

Mendidik anak bahwa rokok bukanlah teman mereka. Rokok mengandung banyak zat-zat berbahaya yang dapat menimbulkan penyakit. Walaupun saat muda belum terasa namun akan dirasa saat tua. Dan walaupun anda sabagai ayah yang pernah merokong atau perokok. Tentulah tidak ingin anak-anak anda meniru kebiasaan anda ini. Mengingat anak-anak anda yang bergaul di era ini.

Era dimana merokok bukan lagi hal luar biasa bagi anak,khususnya remaja.
Dibawah ini tips bagi anda (Ayah)
- Jika saat ini anda masih punya kebiaaaan merokok maka berhentilah, Ini demi kebaikan anda dan orang lain.
- Menbicarakan tentang bahaya merokok di usia dini (5-7 tahun). Naumn apabila anda menundanya sampai usia remaja. Mungkin anak anda akan menjadi penasaran dan ingin mencoba, bukan malah menghindari.
- Jelaskan pada anak, bahwa iklan rokok hanya sebuah iklan yang menyakinkan masyarakat bahwa merokok membuat pria terlihat,jantan,gaul,dan lebih bergensi(hanya terlihat)
- Ingatkan untuk berhemat uang dan biaya merokok lebih baik dibelikan hal-hal yang mendidik atau menghibur seperti CD atau Game.
- Mencari tahu teman-teman anak anda beserta orang tua teman-teman anak anda dalam perihal perokok atau bukan dan mungkin merbiarkan anak-anaknya merokok.
- Libatkan anak pada kegiatan yang bermanfaat dan berkesan fun.
- Buatlah anak anda merasa percaya diri dan memiliki harga diri. Karena anak yang mengalami tekanan atau terlalu dikekang akan menjaikan rokok sebagai pelariannya.
- Jelaskan tentang bahaya rook yang langsung merekas alami. Misal napas bau,gigi kuning,cepat lelah dikarenakan paru-paru yang terisi asap rokok,kulit kusam dan bahkan jerawat.

Namun, saat ini banyak remaja yang tidak menghiarukan bahaya merokok, kerena merokok bahaya yang timbul dikemudian hari dan disaat tua mereka.



0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan berkomentar..SCAM ? Stop !

 
This Blog is proudly powered by blogger | Template by miscah